Transparansi

Laman ini akan membahas seputar kebijakan privasi, hal-hal seperti apa saja yang saya lacak atau simpan dan bagaimana saya menggunakannya.

Dengan mengakses blog ini, kamu dianggap bersedia menyepakati kebijakan dan ketentuan berikut:

Pelacakan

Saya tidak menggunakan alat analisis web apa pun. Selain memang belum butuh, saya juga tidak peduli dengan metrik yang ada di analisis web (dari kota mana pengunjung berasal, apa sistem operasi yang digunakan, berapa lama mereka menghabiskan waktu di blog ini, dan seterusnya dan sebagainya).

Satu-satunya metrik yang ingin saya ketahui adalah berapa banyak tulisan saya telah dibaca. Jadi saya melacak jumlah tayangan di setiap pos blog. Untuk keperluan ini, saya membuat skrip sendiri dan datanya disimpan di basis data saya sendiri. Saya hanya mencatat tautan pos, total tayangan, dan waktu pembaruan. Saya tidak mencatat data apa pun milik pengunjung.

Di luar blog, saya menggunakan Google Search Console untuk kebutuhan optimasi di mesin telusur. Google Search Console melacak beberapa metrik yang berkaitan dengan pengoptimalan dan kinerja dari sudut pandang mesin pencari, tidak ada yang bersinggungan dengan privasi.

Penyimpanan

Saya menyimpan nama dan surel milik orang-orang yang bergabung ke buletin. Saat ini saya menggunakan Mailchimp. Data yang disimpan hanya bisa diakses oleh saya, dan saya berjanji tidak akan menyalahgunakan ataupun menjualnya.

Nama dan surel yang disimpan diperlukan untuk tahu kepada siapa dan ke mana buletin akan dikirim. Tidak ada kebutuhan lain selain itu. Dan mengingat buletin saya bersifat interaksi dua arah, penting untuk mengatakan setiap balasan yang saya terima langsung masuk ke surel pribadi saya. Histori obrolan tidak disimpan di Mailchimp.

Mailchimp hanya digunakan untuk mengirim buletin, selepas dari itu semuanya berubah menjadi ruang privat.

Untuk formulir kontak dan kolom komentar, semua pesan yang saya terima langsung masuk ke surel pribadi saya. Saya tidak menggunakan layanan pihak ketiga apa pun, saya merakitnya sendiri. Jadi tidak ada basis data yang akan menyalin atau menyimpan surel dan pesan dari pengirim. Satu-satunya ruang penyimpanan untuk ini adalah, ya betul, surel pribadi saya (yang tentunya masuk akal karena hei, kita sedang bertukar pesan).

Keamanan

Blog ini disajikan dengan SSL, diproksi oleh Cloudflare, dan Security Headers-nya bisa dilihat di sini.

Kalau belum puas: ini cuma blog, semua interaksi yang seolah-olah terlihat mewah hanyalah trik sulap receh berkat bantuan JavaScript. Blog ini aman, jauh lebih aman dibanding bikin status di media sosial yang akunnya digembok.

Ketentuan

Semua konten dan layanan yang tersedia di blog ini bisa diakses secara gratis, dan semua interaksi yang kamu lakukan dengan blog ini juga gratis. Oleh karena itu tidak ada jaminan semuanya akan terus berlanjut. Bahwa saya akan berusaha melakukan yang terbaik, ya, idealnya begitu. Tetapi itu bukan jaminan karena apa yang saya katakan tentang berusaha adalah rencana, bukan janji.